Wikipedia Adsense

Posted by

aku dpt artikel yg cukup menarik menurutku,. tentang bagaimana kita dpt mengalahkan situs WIKIPEDIA dan aku coba utk mentranslate-nya ke bahasa kita. klo ada yg salah mohon diperbaiki.. semoga dpt menjadi sedikit wawasan ilmu

How Any Blogger Can Beat Wikipedia

Jika ada ribuan editor dan kontributor yang dengan sukarela bekerja untuk Wikipedia tanpa dibayar, apa yg dpt membuat situs anda dpt mengalahkan situs raksasa ini? Jangan lupa tentang fakta bahwa Google lebih memilih mereka dari kebanyakan situs yang ada di Internet.


Mungkin anda belum menyadari, Wikipedia telah meraih ranking top 10 untuk hampir semua pencarian dan keywords search engine. Halaman utama Wikipedia pny PR 8 dan homepage bhs inggrisnya PR 9.

Hampir semua topik dan keyword telah direbut (atau segera akan direbut) oleh digital ensiklopedia ini dalam waktu dekat. Faktanya adalah mereka punya content yang komplit dan mendalam dibanding situs/blog anda, dan orang2 yg menulis content2 ini tidak meminta bayaran. Mencoba meniru supaya mirip wikipedia dlm integritas content dan kelengkapan sama saja bunuh diri.

Jd bagaimana anda mengalahkan raksasa seperti ini?

Jawabannya adalah bukan dgn menjadi Wikipedia lain.

Lihat dgn cara seperti ini berapa banyak yg benar2 membaca sebuah ensiklopedia?

Apakah dengan adanya ensiklopedia, orang tidak membeli buku lagi? Tidak di dunia nyata. Di dunia nyata org menaruh ensiklopedia di gudang dan menggunakannya hanya beberapa kali dlm setaun. Tetapi mereka membaca majalah, mereka beli buku, mereka mengikuti event dan mereka kebanyakan membaca blog!

Anda hanya melihat ensiklopedia hanya ketika anda membutuhkan referensi ketika menulis pada publikasi yg serius seperti tesis. Ensiklopedia itu membosankan, dan oleh karena itu begitu pula WIkipedia.

Ini ada 5-langkah proses dari Gobala Krishnan utk mengalahkan Wikipedia:

1) Asah gaya menulis anda
Anda harus mengasah kemampuan menulis anda. Jika anda menulis dgn cara yg mirip teks Wikipedia, anda dapat malapetaka. Pakai personality anda dan bangun gaya menulis anda sendiri. Gaya menulisku datar, langsung dan personal. Beberapa org memilih menulis dengan gaya puitis dll. Yang lain masukkan humor dll. Apapun itu, mengasah gaya menulis akan berguna dan menarik pembaca loyal ke blog anda.

2) Jadilah lebih beropini

anda pasti menyukai sesuatu dan membenci sesuatu. Jika km netral ,maka kamu Wikipedia. jgn menjadi ensiklopedia berjalan, jadilah blogger atau penulis paling dramatis.

Ekspresikan perasaan utk suatu produk atau jasa yg tlh km coba, meskipun itu berarti km mgkn akan kehilangan komisi afiliasi dr kejujuranmu. itu gpp jika bbrapa org tdk suka cara km mengkritik suatu produk/jasa. Dlm jangka panjang org akan ttp membaca apa yg km tulis drpd membaca tulisan netral di wikipedia.

3) tetaplah benar dan relevan

baca bidang industri anda, dan taruh dirimu pd posisi dmn km paham tdk hanya masa lalu, tp jg hari ini dan masa depan pd topik tertentu dlm pasar anda. WIkipedia tdk bs mengalahkan anda jika km bisa meramalkan masa depan dan mempengaruhi yg lain utk menerima pandanganmu.

tdk ada org yg peduli pd sejarah. mereka cuma peduli ttg sekarang dan masa depan. jika km selangkah di depan pasar, atau stdknya up to date dgn perkembangan terbaru, tulis ttg itu dan biarkan org tau.

4) Sempurnakan merek/brand pribadi anda
buat semua yg km tulis, yg km jual, situs anda dan desainnya, bau rasa dll semuanya seperti KAMU. Ini hrs cukup konsisten jd org bahkan tdk perlu utk membaca satu situs dl utk tau bahwa itu milikmu. jgn branding diri km sbg suatu tau-itu-semua; brand diri km sbg expert sejati dlm suatu niche market, dan smua org akan mencintaimu krn itu.

Wikipedia tlh 1 mil luasnya dan 1 inci dalamnya. km dlm pihak lain harus jadi 1 inci luasnya, tp 1 mil dalamnya.

Kamu adalah brand. pasar yg bermerek, dan bisnis online km akan jd lbh baik. merek yg unik, sprti sejarah telah buktikan, menambah kekuatan kpd sgala jenis bisnis.

5) Jgn taruh smua telurmu pd SEO

search engine optimisastion itu hebat & segalanya, tp itu cm membawa kpd 9 lagi situs Wikipedia lain yg telah mendominasi halaman awal Google. Tdk ada jalan km mengalahkan situs sprti ini dgn cara SEO murni.

Lbh fokuslah pd social networking, cari teman, temukan parner bisnis baru, dan buat lbh banyak situs tdak-trgantung-dgn-seo. Ada banyak cara utk mendpt trafik ke blog anda selain search engine, jd kreatiflah. Jika km terbentur dgn ide "tulis content hebat dan trafik akan datang", km akn dpt surprise besar.

Terakhir adalah anda tdk bisa mengalahkan Wikipedia dlm permainan mereka. Ribuan tlh mencoba dan gagal dgn menyedihkan. Tp jika km ubah permainannya, sejauh itu menyangkut bisnis online anda, anda akan selalu menang.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 11/07/2008 05:03:00 AM

0 komentar:

Post a Comment

Saling Berbagi