Posted by

Teknik / Cara dan Ulasan Pengelolaan Finansial Pribadi (Konsolidasi Teknik) 
Perkenalkan nama saya Vincent. Saat ini saya masih berstatus pelajar di Australia. Thread ini saya mulai dengan maksud membagi pengalaman dan pengetahuan yang saya dapat dan praktekkan selama 4 tahun dari tahun 2010 yaitu di bidang Personal Financial Management (Manajemen Keuangan Pribadi).


Latar belakang finansial management

SUDAHKAH ANDA MEMBUAT PERENCANAAN KEUANGAN ANDA?
 
Teori
Secara Teori, Kekayaan bisa didapatkan dengan cara mengurangi pengeluaran dan memperbesar pendapatan. Tetapi, kenyataannya tidak mudah mendapatkan kedua elemen tersebut di arah yang kita inginkan.

Di dalam thread ini, saya akan membahas pentingnya mindset yang benar dan motivasi yg membara untuk berhasil mengelola keuangan anda sendiri/ keluarga. Dan pastinya, anda diharuskan mengerjakan PR (baca: langkah-langkah utama) agar anda tetap berada di arah yang anda inginkan. Setelah itu, kita akan membahas pemilahan pendapatan, cara mengurangi pengeluaran serta cara mengoptimalkan pendapatan.


Fundamental mindset

Mindset (rangkaian program pikiran) adalah sesuatu yang tidak boleh disepelekan. Hanyalah dengan memprogram ulang mindset kita, barulah kita bisa memulai membuat perubahan. Mindset jugalah yang akan menentukan seberapa konsisten dan ambisius kita terhadap tujuan akhir (Financial Freedom).

DREAM BIG!
Inilah kata yang populer diucapkan miliader Donald Trump.
Dari kata dahsyat di atas, ambil buku diary/ jurnal anda. Yang perlu anda lakukan:
• Catat tujuan akhir anda (contoh: punya 5 rumah asset bernilai 10miliar).
• Deadline buat tujuan tersebut (contoh: diakhir tahun 2020).
• Bagaimana anda akan mencapainya (contoh: saya akan menyisahkan 10% dari pendapatan)
• Motivasi diri sendiri (contoh: keyakinan dan motivasi saya sangatlah kuat sehingga saya bisa merasakan melihat rumah tersebut).


Saya akan memberikan contoh Target Financial Freedom saya
Quote:On july 2015, I will have AU$25000000 bank account that i earn from time to time.

As an exchange for the goal, I will save 25% of my money everytime i earn and use it for invesment in stock market and real estate.

I am sure that i will have the money. My faith is so strong that i can touch and feel them in my hand. the money is waiting for me to be collected, and in the same proportion equal to my hardwork for investing my money in every way. I am realising my plan to achieve my goal, and i will have the money!!

I AM SURE I CAN AND I WILL

NOTHING IS IMPOSSIBLE!

Tahap pertama - Checked!
Sekarang kita lanjutkan ke tahap kedua
Setelah target finansial freedom anda selesai, tahap selanjutnya adalah menentukan jumlah uang yg akan disisihkan. Di titik ini, saya mengajak anda sekalian menghitung-hitung pendapatan anda. Pertanyaan untuk anda:
• Berapa penghasilan anda per bulan?
• Berapa pengeluaran anda per bulan? Di point ini saya sarankan hitung seakurat mungkin lalu tambahkan pengeluaran tak terduga (rasional)
• Selisihkan penghasilan dan pengeluaran anda. Pengeluaran anda lebih tinggi ato penghasilan anda? Bila pengeluaran anda lebih tinggi, silahkan k bagian “Penjagaan pengeluaran”.
• Bila penghasilan anda lebih tinggi, anda lolos ke babak selanjutnya . sekarang cari persentase sisa uang anda per bulan terhadap penghasilan anda. Jika hasilnya lebih dari 10%, mulailah simpan 10% dari penghasilan anda per bulan k rekening investasi anda.

Tahap kedua - Checked!
Sekarang kita lanjutkan ke tahap ketiga
Setelah selesai menghitung-hitung, saatnya kita melakukan pemilahan pendapatan. Bila anda telah berkeluarga, sangatlah penting untuk mendiskusikan dengan keluarga supaya ada komitmen sesama untuk menjaga pengeluaran (bagi yang berkeluarga, penjagaan pengeluaran menjadi prioritas utama)
Cara saya dalam memilah / membagi pendapatan adalah dengan menggunakan rekening yg berbeda-beda:

    Rekening investasi: rekening ini harus diprioritaskan dan konsisten! Kenapa? Karena inilah batu loncatan anda menuju pendapatan tambahan yang akhirnya bakal menghidupi anda dan orang-orang yang anda cintai tanpa harus bekerja (Financial Freedom). Bila di tahap kedua anda mampu menyisihkan 10%, di rekening inilah uang 10% tersebut tinggal. Rekening investasi ini harus menjadi PRIORITAS UTAMA. Jadi, setiap kali anda gajian, 10% harus masuk k rekening investasi sebelum anda bayar apapun juga. Ini sangat penting untuk mendapat kebiasaan “Membayar diri sendiri terlebih dahulu”. Saat anda pertama memulai mengisi rekening investasi, tetapkan janga waktu antara 3-12 bulan. Setelah jangka waktu tersebut lewat, investasikanlah uang tersebut (bila cukup untuk memulai investasi. contoh: reksadana, obligasi, saham, forex, property dll). setiap rupiah yg anda punya hrs mampu dilipatgandakan nilainya sedikitnya 2 kali lipat atau bahkan lebih!

    Rekening harian: rekening inilah yang akan membayar kebutuhan hidup anda. Peraturan untuk rekening ini gampang: Taruh uang anda seminimal mungkin di rekening ini. Rekening ini adalah rekening hura-hura anda. Jadi, dengan meminimalkan rekening ini, anda telah menjaga pengeluaran yang destruktif dan menggunakan uang tersebut secara produktif, effektif dan effisien. Uang di rekening ini seharusnya setelah anda membayar semua kewajiban (liabilitas) anda.

    Rekening hutang: seperti namanya, rekening ini berisi semua hutang wajib (fixed) anda yang harus anda bayar per bulan. Misalnya kredit rumah, kredit mobil, tagihan telepon, tagihan listrik. Alasan saya pisah rekening harian dan rekening hutang adalah karena rekening harian adalah uang sisa per bulan setelah anda membayar diri sendiri (rekening investasi), hutang dan kebutuhan hidup anda. Sisa uang ini bisa anda simpan untuk membeli barang mewah seperti mobil, kamera canggih, hp baru atau sepeda motor baru. Atau anda boleh belanjakan buat makan di restoran ternama atau yang lainnya.

    [OPTIONAL] Rekening Simpanan: rekening ini merupakan rekening untuk dana sisa setelah dikurangi dana-dana ke rekening investasi, hutang dan harian (pembatasan budget). sisa dana di rekening bisa anda gunakan untuk 'menghadiahi' diri anda sendiri karena telah konsisten dalam menjalankan rencana keuangan anda. saya pribadi menaruh sebagian besar dana di rekening ini ke rekening investasi. karena saya yakin semakin banyak dana yang saya sisihkan ke rekening investasi, maka semakin cepatlah saya mencapai Financial Freedom yang telah saya rencanakan.

    Rekening Donasi: Seperti namanya, rekening ini adalah rekening untuk didonasikan ke tempat ibadah, panti asuhan, atau organisasi donasi lainnya. dulu saya rencananya memberikan 5% dari penghasilan. Tetapi, saya tidak mampu dan saya hanya mendonasikan 5 dollar setiap minggu. sekarang saya mendonasikan 10 dollar per minggu. uang donasi ini tidak perlu didonasikan setiap minggu. bisa dengan cara menyimpan selama beberapa bulan dan mendonasikan jumlahnya sekaligus. bila ingin tahu lebih lanjut cara saya mengelola rekening donasi ini, silahkan mengunjungi link berikut "Kekuatan Donasi"


Pengurangan Pengeluaran
Pengeluaran yang berlebihan akan melemahkan penghasilan anda. Sehingga pengeluaran itu sama pentingnya dengan penghasilan. ada 2 cara mengurangi/ mengkompres pengeluaran anda.

CATATAN PENGELUARAN
Cara saya menjaga pengeluaran ialah menyimpan catatan pengeluaran saya. Lalu saya tanam mindset “makin banyak pengeluaran saya, makin tebal catatan pengeluaran saya”. Saya punya buku khusus untuk menyimpan catatan pengeluaran saya. Saya juga membatasi setiap pengeluaran tidak lebih dari $10. Dan, saya mampu membayar diri sendiri sejak penghasilan pertama saya yang hanya berjumlah $94,14.

Dengan mencatat pengeluaran dan mindset tersebut, saya mampu menahan pengeluaran saya di level minimum. Saya mampu hidup hanya dengan $25 per minggu (makan sehat) NB: alasan saya memakai per minggu karena saya gajian per minggu di Australia). Sepupu saya saja yang terkenal pelit per minggu menghabiskan sedikitnya $50 per minggu.

Dan dengan mencatat pengeluaran anda, anda bisa memonitor pengeluaran mana yg bisa dikurangi dan melacak pengeluaran destruktif (yang sebenarnya tidak perlu). Jadi, buatlah komitmen untuk mulai mencatat pengeluaran anda. Sama halnya di bidang bisnis, pengeluaran pribadi kita juga harus dicatat dan dimonitor.

PETA PENGELUARAN

Cara ini terinspirasi dari struk belanjaan yang saya dapat setiap kali pergi belanja.
Pertama, beli atau buat sebuah papan tulis kecil atau photo frame sesuai kemauan (makin kecil makin bagus. tapi jangan kebesaran nanti susah bawa pulang ). papan tulis / photo frame tersebut ditujukan untuk struk belanjaan anda. dan besarnya papan tulis tersebut menunjukkan seberapa banyak anda boleh belanja setiap bulan (makanya disarankan 1m x 1m).

Kemudian, pajanglah papan tulis tersebut di tempat yang sering anda lewati (depan tempat tidur, kulkas, pintu menuju kamar, tembok saat masuk rumah dll sebagainya).

Dan setiap anda pergi belanja. jangan lupa meminta struk belanja anda. simpan baik-baik sampai tiba di rumah. saat sampai di rumah, langsung cari struk-struk belanja anda dan tempelkan di papan tulis tersebut. usahakan supaya struknya tidak saling timpa/ tindih supaya anda bisa review kembali apa apa saja yang sudah anda belanjakan. buat periodenya sesuka hati anda (idealnya setiap bulan). setiap bulan, review balik pengeluaran anda. cari celah dimana agan bisa lebih hemat lagi (mungkin tunggu harga diskon untuk barang keseharian). bila perlu, hukum diri anda bila anda melakukan pengeluaran yang seharusnya tidak perlu (bisa dengan bayar 100ribu k rekening investasi anda untuk setiap pengeluaran yang tidak perlu)


Hutang

Saya tidak mengulas topik pengurangan pengeluaran dikarenakan topik tersebut telah dibahas di atas.

Imbal hasil investasi mungkin salah satu cara yang bisa memberikan penghasilan tambahan disamping pekerjaan utama anda. Pada dasarnya, imbal hasil investasi berasal dari rekening investasi anda yg telah anda kumpul dan diinvestasikan dalam ke salah satu produk investasi (contoh: saham, obligasi, reksadana, forex dll). Sama halnya penghasilan anda dari pekerjaan utama, imbal hasil dari investasi anda harus anda tabung kembali k rekening investasi. Saya pribadi menginvestasi kembali 50% dari imbal hasil investasi saya. Saya pakai rekening investasi pertama saya dengan membeli saham. Ombak kedua, ketiga dan keempat juga saya investasikan k saham. Dari ombak pertama saya untung 50% dalam 2 tahun. Dari ombak kedua dan ketiga saya untung 100% dalam 2 tahun. Ombak keempat sekarang masih saya pegang karena ada potensi keuntungan 30-50 kali lipat dalam waktu 5-10 tahun mendatang. Dan sekarang saya juga investasi di property dengan orang tua saya.

Kenaikan gaji atau kerja tambahan bisa menjadi sumber kemakmuran rekening investasi anda. Saya pindah kerja beberapa kali dengan maksud mencari pekerjaan yang membayar lebih supaya saya bisa membayar rekening investasi lebih banyak. Dan akhirnya akhir tahun 2011 saya telah mampu membayar rekening investasi 25% dari gaji saya. Konsistenlah dan tingkatkan level rekening investasi anda supaya uang lebih cepat berkerja untuk anda.

Konsistensi sangatlah penting dalam perjalanan menuju Financial Freedom.
Be Strict To Yourself Or The World Will Play You Up. – Napoleon Hill
Artinya
Anda harus kuat dari dalam atau dunia akan mempermainkan anda. Konsisten! Dan jangan biarkan dunia mempermainkan anda.


Cara Kerja Produk Investasi

Saham
Saya akan menjelaskan secara singkat cara saya memilih dan membeli saham. Cara saya berasal dari buku The Warren Buffett Way oleh Robert G Hagstorm:
1. Carilah bidang yang anda tau cara kerjanya (lingkaran kompetensi anda)
2. Kaji perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang tersebut
3. Pilih perusahaan yg anda rasa punya potensi
4. Lihat grafik harga saham perusahaan
5. Bandingkan dengan perusahaan-perusahaan lain (anda mungkin berubah pikiran ke perusahaan lain)
6. Carilah laporan tahunan perusahaan tersebut 5 tahun terakhir. Bila anda belum terbiasa membaca laporan tahunan, biasakanlah. Setelah anda terbiasa, kaji kembali perusahaan lewat laporan tahunan.
7. Yang perlu anda catat adalah laba bersih atau rugi bersih, biaya amortisasi dan penyusutan, hutang jangka pendek, hutang jangka panjang, alokasi biaya masa depan (jangka pendek dan panjang)
8. Setelah itu anda perlu menghitung “Laba Pemilik” dengan formula berikut: pendapatan bersih + (Depresiasi + deplesi + amotisas) - (Belanja Modal + komitmen belanja lainnya)
9. Terakhir anda perlu menggunakan formula di bwh ini untuk menentukan untung yang kira-kira bisa anda dapatkan.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 4/20/2014 03:29:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Saling Berbagi