Ubuntu Server 10.04 + Lusca Head Proxy

Posted by

ubuntu server 10.04
Melanjut tutorial saya yang lama mengenai Ubuntu 9.10 + squid dan postingan update squid Lusca Head. Yang ternyata belum mampu mencache dinamic content seperti iklan google (google adsense), maupun video youtube Walaupun begitu Squid-2.7.Stable9 yang bisa anda download dari http://www.squid-cache.org/Versions/v2/2.7/ sudah sangat baik dalam mencache sebagian besar file-file yang umum dibuka. Seperti game poker dari facebook, maupun content-content lainnya.

Namun belakangan saya baca dari forum, ternyata squid-2.7.Stable9 ternyata ada patch yang mampu membuat agar dinamic content bisa tercache begitu juga versi squid lusca. Baik dalam mencache vidoe youtube maupun dinamic content lainnya. Nah bagi kamu yg ingin nyobain pake squid-2.7.Stable9 yang sudah di patch agar bisa mencache dinamic content, bisa di download di sini. Tetapi disini saya lagi gak bahas squid stable, melainkan squid lusca head. So mungkin di postingan berikutnya!!!




Balik lagi ke LuscaHead. Untuk lusca head sendiri sebenarnya adalah pengembangan dari squid stable. Namun untuk perbedaan antara Lusca Head dengan Squid-2.7.Stable9 saya sendiri masih bingung, karena dari ujicoba keduanya, sama-sama bisa mencache youtube (untuk versi yang telah di patch). Namun banyak yang mengatakan kalau squid-2.7.Stable9 lebih banyak menggunakan resource memory dibanding lusca head (kalau menggunakan memory yg kecil, kalau yg besar ya gak ngeroso....  hehe).

Sementera secara teknisnya saya menggunakan PC rakitan biasa dengan prosessor Celeron D 3.0Ghz, memory 512MB, dan harddisk sata 160GB. Menggunakan 3 buah lan card, 1 input ke speedy, 1 output ke LAN, dan 1 lagi output ke AP wireless (RTRW). System yang saya install sekarang adalah Ubuntu Server 10.04, ini update-an dari system saya yg lama Ubuntu Desktop 9.10.

Squid lusca head yang diinstall saya download dari  
http://code.google.com/p/lusca-cache/downloads/list
karena lusca head r14733 adalah squid yg terbaru dan telah stabil, maka saya coba yg ini. Setelah didownload maka selanjutnya menggunakan patch dari issue lusca yaitu patch loop.diff dari issue #27 dan patch luscaVaryrR14697.diff dari issue #28, dan akhirnya tada.....  jadilah Ubuntu server 10.04 + Lusca Head Proxy.

Mungkin segini aja dlu, soalnya dah ngantuk untuk selanjutnya ntar saya bahas deh mengenai cara menginstall squid luscanya beserta patch loop dan luscavary. Mudah-mudahan kalau ada waktu saya kerjakan besok beserta gambarnya.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 10/17/2011 06:27:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Saling Berbagi