Tips ide dan konsep tulisan

Posted by

Ide Tulisan
Sebagai teknisi sekaligus guru komputer, tidak jarang ide atau konsep tulisan terlintas dikepala saat sedang mengajar ataupun memperbaiki komputer, namun sulit rasanya untuk menuliskannya kedalam blog, seperti yang pernah saya tuturkan pada postingan sebelumnya mengenai susahnya kembali menulis.

Namun setelah saya berkonsultasi dan belajar dengan bang james mengenai cara mudah menulis blog, saya berniat untuk berbagi dengan sobat blogger lainnya yang mungkin memiliki kesulitan seperti saya diatas, berikut beberapa tips ide dan konsep untuk menulis dari saya :



1. Cobalah untuk mengingat dan menuliskan ide yang muncul tersebut kedalam postingan.
Artinya tuliskan saja dulu sepenggal ide tadi kepostingan, baik ide itu untuk pembukaan, isi, ataupun penutup. Selanjutnya tinggal dikembangkan sendiri melalui pikiran kita kalau masih buntu bisa mencari referensi dari buku, majalah, google, atau blog ini :D

2. Batasi konsep atau ide tulisan
Untuk mempermudah menuangkan ide, ada baiknya untuk membatasi konsep ide tersebut agar tidak meluas, misalnya jangan terlalu banyak mengambil referensi sehingga membingungkan kita sendiri.

3. Hindari mengedit tulisan yang belum selesai
Hal ini sangat saya sarankan, karena membuat konsep sekaligus mengedit akan menyulitkan kita sendiri, bisa-bisa konsep yang tersebut lari dari jalur, ataupun ide dari konsep akan hilang.

4. Evaluasi lagi tulisan
Setelah ide dan konsep selesai, maka selesailah tulisan kita, eett.. Jangan buru-buru posting dulu, ada baiknya kita baca ulang dan perhatikan kembali penulisan dan tanda baca tadi, apakah harus di bold, cetak miring, atau di garis bawah. Atau bisakah disisipkan link dari postingan sebelumnya. Evaluasi ini penting untuk membiasakan kita cermat dan teliti dari pekerjaan yang kita buat.

Kalau keempat langkah diatas bisa kita lakukan, maka kita telah berhasil menulis dengan baik, disukai pembaca dan dicintai google.

Jadi bagaimana? Apa menulis masih susah menurut anda?


Demo Blog NJW V2 Updated at: 9/21/2011 06:03:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Saling Berbagi