Cepat Index Google

Posted by

Mungkin sampai sekarang, masih banyak para blogger yang binggung kenapa blog atau website yang mereka buat belum juga terdaftar di situs pencari terbesar di dunia google.com. Memang banyak yang mengatakan berbagai macam hal, akan tetapi semua itu hanyalah pihak google sendiri yang mengetahui berapa lama web/blog kita terindex dalam list mereka. Untuk itu disini saya ingin mengutarakan beberapa tips agar google mau lebih cepat mengindex web/blog kita.

Pertama, Submit ke tiga situs pencari terbesar google.com, yahoo.com, dan msn yang sekarang telah dibeli oleh pihak microsoft dan berubah menjadi bing.com. Submit web/blog ke google url, lalu masuk ke google webmaster dan masukkan sitemap web/blog kita. Sitemap adalah halaman yang berisikan daftar link/posting blog kita, oleh sebab itu sitemap sangat membantu untuk mempercepat halaman posting kita terindex, baik itu posting terbaru maupun posting lama. Lalu submit web/blog ke yahoo url, lalu login ke http://siteexplorer.search.yahoo.com dan submit juga sitemap web/blog kita. Terakhir submit web/blog ke bing url, begitu juga submit sitemap di bing toolbox.

Bagi anda pengguna blogspot seperti saya, saya yakin sitemap anda pasti telah berubah bentuk menjadi feedburner, oleh sebab itu apabila kita submit sitemap ke situs pencari diatas, maka sitemap kita pasti error. Untuk mencegah hal itu terjadi mungkin penggunaan sitemap bisa diganti :

Sitemap lama : www.namablog.blogspot.com/atom.xml <<<<-- oleh karena sitemap ini telah berubah menjadi feedburner, maka

Sitemap baru : www.namablog.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&max-results=100
Artinya redirect=false adalah sitemap tidak dibelokkan ke halaman feedburner, dan max-results adalah hasil halaman yang akan muncul adalah 100 postingan kita. Apabila postingan anda telah mencapai lebih dari 100, max-results bisa diganti menjadi 150 atau 200.
Kedua, url web/blog dan sitemap kita input kedalam ketiga mesin pencari terbesar diatas. Maka selanjutnya kita wajib melakukan ping terhadap web/blog kita agar para mesin pencari tersebut mengetahui bahwa kita telah mensubmit blog kita. Bila anda tidak mengetahui hal tersebut. Bisa dilihat di halaman ping your blog for faster index.

Terakhir, kita wajib mencari popularitas bagi web/blog kita, karena semakin tinggi popularitas blog kita, maka semakin cepat dan semakin terkenal web/blog kita di mata ketinga mesin pencari diatas. Lalu bagaimanakah caranya menaikan popularitas tersebut. Nah untuk itu silahkan di lihat di tips menaikkan pagerank web/blog. Hal ini tidaklah semudah tips pertama dan kedua, karena disini kita perlu sedikit kerja keras. Seperti melakukan submit web/blog kita keberbagai sosial directory, ataupun sosial bookmark seperti stumbleupon, digg, technorati, delicious, dll. Karena selain popularitas web/blog kita meningkat, traffic kita pasti juga bertambah. Oleh sebab itu apabila kita membangun semuanya dengan ikhlas dan penuh sabar. Maka web/blog kita mudah²-an bisa menjadi web/blog yang populer.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 8/05/2009 04:14:00 AM

8 komentar:

  1. Artikelnya bagus bngt...thanks for your unfo boss..Btw linknya udah saya pasang di blogroll saya..pls di link balik yah..
    Cheers :)

    ReplyDelete
  2. Tipsnya bagus banget nih.. praktek segera

    ReplyDelete
  3. sob kalo boleh dijelaskan lebih rinci mengenai sitemap. Saya kurang paham nih sitemap itu apa. kemaren uda perkenalan dulu sih sama bing, tapi sitemapnya lom utak atik

    ReplyDelete
  4. Kalau bisa dibilang sitemap itu adalah halaman yang berisikan seluruh link yang mana linknya mengarah ke link postingan kita, jadi sitemap itu adalah peta dari link postingan kita.

    Nah kalau untuk bing, kita bisa submit sitemapnya dengan mengisikan mengetikan http://www.bing.com/webmaster/ping.aspx?sitemap=www.YourWebAddress.com/sitemap.xml pada URL kita. Mudahkan... :)

    ReplyDelete
  5. wah mantab nichhh tak coba yah...
    thnks infonya

    ReplyDelete
  6. makasih...thank...bagus infonya akan aq coba di websiteku

    ReplyDelete
  7. bagus banget infonya gan.... :)

    ReplyDelete
  8. saya akan coba sekarang submit web saya ke bergagai social directory semoga traffic website saya bertambah dan cepat terindex di serp google, terima kasih banyak tipsnya, ini meruopakan ilmu baru bagi saya.

    ReplyDelete

Saling Berbagi